USS Indianapolis: Men of Courage



The image is USS Indianapolis property

USS Indianapolis: Men of Courage, juga disebut USS Indianapolis: Disaster in the Philippine Sea in the Philippines (Bencana di Laut Philippina di Philippina), adalah film terbaru Amerika yang bergenre Action-adventure perang. Film ini disutradarai oleh Mario Van Peebles dan ditulis oleh Cam Cannon dan Richard Rionda Del Castro. Film USS Indianapolis: Men of Courage dibintangi oleh Nicolas Cage yang berperan sebagai Captain Charles Butler McVay, Tom Sizemore berperan sebagai Chief Petty Officer McWhorter, Thomas Jane berperan sebagai Lieutenant (JG) Wilbur C. "Chuck" Gwinn, Matt Lanter berperan sebagai Chief Petty Officer Brian "Bama" Smithwick, Brian Presley berperan sebagai Waxman.

Film ini juga didukung oleh Cody Walker, Emily Tennant, Callard Harris, Mandela Van Peebles, Weronika Rosati, Yutaka Takeuchi, Justin Nesbitt, Matthew Pearson dan aktris aktor lainnya. Film ini menceritakan kisah nyata pada perang dunia ke II yaitu pada tahun 1945, sebuah kapal USS Indianapolis, dari Portland, yang dipimpin oleh kapten Charles McVay (Nicolas Cage), mengantarkan bagian-bagian dari bom atom yang selanjutnya akan digunakan pada untuk membom Hiroshima pada akhir perang dunia ke II. Sementara tentara patroli di perairan Philippina, pada tanggal 30 juli 1945, menembaki kapal tersebut. Ternyata yang menembak adalah pasukan angkatan laut Jepang. Tenggelamnya kapal ini membawa 300 kru ke dasar laut perairan Philippina, dan sisa kru yang selamat terapung-apung dilaut tanpa makanan dan minuman, serta mereka terancam oleh ikan hiu yang menyerang.

Tanpa ada harapan selama 5 hari mereka sangat menderita, banyak kru yang dimakan oleh ikan hiu atau meninggal karena keracunan air asin karena meminum air laut. Pada hari ke 5, para kru diselamatkan oleh sebuah pesawat terbang yang melintas, sang pilot melihat mereka dan meminta bantuan. Hanya 317 orang yang selamat karena bencana itu. Dilihat dari sisi angkatan laut, peristiwa ini merupakan kesalahan kapten McVay dan mereka memanggilnya ke persidangan, sementara bukti-bukti yang ada mendukung kapten McVay.

Pembuatan film ini dimulai pada tanggal 19 Juni 2015 di Alabama. Selain itu, juga dilakukan di San Francisco dan Kyoto Jepang, pada tanggal 27 Juni 2015 syuting dilakukan di Orange Beach. Sebuah pesawat amphibi PBY Catalina yang dipakai pada masa perang dunia ke II digunakan dalam film ini, dan mengalami insiden sehingga terdampar di perairan laut Flora-Bama, Orange Beach. Tidak ada korban yang luka pada kecelakaan ini, regu penyelamat berhasil menyelamatkan pilot dan co-pilot.

Karena kejadian ini, sang produser harus menghentikan sementara proses produksi untuk memperbaiki pesawat, tapi “perusahaan pemilik pesawat ini tidak bisa memperbaiki pesawat”, karena telah terbelah menjadi beberapa bagian, menurut produser. Pesawat ini disediakan oleh pemadan kebakaran yang diterbangkan dari Washington dan dikemudikan oleh Fred dan Jayson Owen sebagau pilot. Setelah proses syuting selesai pada tanggal 14 Juli di Mobile, Cage bertemu dengan seorang veteran angkatan laut yang bernama Richard Stephens di Bienville Square, Stephens merupakan salah satu korban selamat dari USS Indianapolis, dan Cage pun mengobrol panjang lebar dengan Stephens.

Film ini telah tayang di Philippina pada tanggal 24 Agustus 2016, tapi telah diumumkan secara resmi yaitu film ini akan dirilis pada tanggal 1 September 2016 di Amerika. Di Indonesia, film ini masih coming soon. Kita nantikan saja.


Referensi: Wikipedia



No comments:

Post a Comment