Snowden



The image is SnowdenTheMovie property

Snowden adalah sebuah film biographical political thriller Amerika yang disutradarai oleh Oliver Stone dan ditulis oleh Stone dan Kieran Fitzgerald. Film ini berdasarkan buku The Snowden Files yang ditulis oleh Luke Harding dan Time of the Octopus yang ditulis oleh Anatoly Kucherena. Film ini dibintangi oleh Joseph Gordon-Levitt yang berperan sebagai Edward Joseph Snowden. Shailene Woodley sebagai Lindsay Mills, Melissa Leo sebagai Laura Poitras, Zachary Quinto sebagai Glenn Greenwald, Tom Wilkinson sebagai Ewen MacAskill, dan Scott Eastwood sebagai Trevor James. 

Film ini juga dibintangi pula oleh Logan Marshall-Green, Timothy Olyphant, Ben Schnetzer, LaKeith Lee Stanfield, Rhys Ifans, dan Nicolas Cage. Snowden menceritakan kisah tentang Edward Snowden, seorang computer professional berkebangsaan Amerika yang membocorkan informasi sangat rahasia dari the National Security Agency kepada The Guardian pada bulan Juni 2013.

Ketika Oliver Stone pertama kali dihubungi untuk membuat film ini, dia ragu-ragu. Karena dia sedang membuat sebuah film yang controversial juga, yaitu mengenai kehidupan Martin Luther King Jr. pada masa-masa akhir kehidupannya bersama Jamie Foxx sebagai bintang utama, dan tidak berharap untuk membuat film yang kontroversial lagi dalam waktu dekat. 

Walaupun demikian, pembuat film tetap menghubungi dia dan berhasil meyakinkannya untuk menjadi sutradara dalam film ini. Glenn Greenwald, wartawan yang bekerja sama dengan Laura Poitras yang berhasil membuka cerita tentang Snowden, meminta sarannya. Beberapa bulan kemudian, pengacara Snowden di Russia, Anatoly Kucherena, menghubungi Stone melalui produsernya dan memintanya untuk bertemu langsung. Columbia Pictures telah mempunyai hak untuk memfilmkan buku Greenwald.

Pada tanggal 2 Juni 2014, telah diumumkan bahwa Stone dan Moritz Borman telah mempunyai hak untuk membuat film berdasarkan buku kisah nyata The Snowden Files yang ditulis oleh Luke Harding, dalam pengumuman itu juga dinyatakan bahwa Stone akan menjadi penulis serta sutradara. Film tentang Martin Luther King Jr. telah dibatalkan sejak Stone berkomitmen untuk menyutradarai Snowden. Delapan hari kemudian, pada tanggal 10 Juni 2014, Stone mendapatkan hak buku yang lain yaitu Time of the Octopus yang ditulis oleh Anatoly Kucherena. 

Pada bulan April 2015, WikiLeaks mengungkapkan bahwa Stone membayar $700,000 (sekitar Rp 9,45 M) untuk mendapatkan hak buku Harding dan $1 million (sekitar Rp 13,5 M) untuk mendapatkan hak buku Kucherena. Stone menggunakan kedua buku tersebut sebagai sumber untuk pembuatan filmnya. Pada tanggal 6 November 2014, Open Road Films mendapatkan hak untuk mendistribusikan film ini di Amerika, sementara Wild Bunch bertanggung jawab untuk penjualan diluar Amerika. Deadline.com menuliskan bahwa Endgame Entertainment akan memproduksi film ini, pada tanggal 10 November 2014.

Sebelum memulai proses produksi pembuatan film ini, Stone dan Gordon-Levitt bertemu secara pribadi dengan Snowden di Moscow pada tahun 2015, dimana dia sekarang menjalani kehidupanya bersama dengan pacarnya, Lindsay Mills, sejak pemerintah Amerika berusaha menangkapnya dengan tuduhan mata-mata. Gordon-Levitt menggambarkan sosok Snowden seperti Philippe Petit (Gordon-Levitt berperan sebagai Petit pada tahun 2015 dalam film The Walk).

Kemudian masalah timbul di Russia, bagaimanapun, beberapa perusahaan disana bekerja sama dengan pemerintahan Amerika Serikat untuk menolak bergabung dalam pembuatan film ini dan tidak ada studio yang mau mendukungnya. Hal ini tentu saja sangat menyulitkan Stone, yang telah mengeluarkan biaya bersama dengan produser. Kemudian hal ini bisa diatasi dengan bantuan Prancis dan Jerman, dan akhirnya film ini dibuat di Jerman dan dilabeli dengan Buatan Jerman, dengan kontrak baru ditandatangani pada 8 hari sebelum proses produksi. Pembuatan film ini dimulai pada tanggal 16 Februari 2015 di Munich.

Snowden telah tayang dalam Comic-Con pada tanggal 21 Juli 2016, dan dijadwalkan tayang di Amerika Serikat pada tanggal 16 September 2016 melalui Open Road Films. Di Indonesia film Snowden akan segera tayang di bioskop. Film yang mengundang kontroversi ini sangat kayak untuk kita tonton, karena berdasarkan kisah nyata. 


Referensi: WikipediaSnowdenfilm.com


No comments:

Post a Comment